top of page

2020: Pelajaran dari Tahun yang Luar Biasa

2020 adalah tahun yang luar biasa. Bagi Sahabat Inkuisit yang telah berinvestasi di instrumen saham, kami yakin bahwa anda setuju jika tahun 2020 dikatakan penuh dengan ketidakpastian dan kesulitan, namun juga menawarkan peluang menuju kesuksesan bagi mereka yang terus belajar. Inilah pembelajaran kami dari tahun 2020.


  1. Nilai investasi tidak selalu meningkat Investasi saham tidak selalu menguntungkan, terutama jika anda hanya melihat dalam jangka waktu yang pendek. Lihat kembali market crash yang terjadi dari akhir Desember 2019 hingga akhir Maret 2020 ketika nilai IHSG terkoreksi hampir 40%.

  2. Pulihnya sentimen pasar akan kembali mendorong harga saham perusahaan berkualitas Setelah kepanikan di pasar saham mereda, maka kehadiran sentimen positif mendorong kembali bergairahnya pasar saham. Hingga akhir Desember 2020, IHSG telah mencatatkan kenaikan sebesar kurang lebih 50% dari titik terendahnya di bulan Maret 2020. Saham perusahaan yang berkualitas cenderung pulih lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan dengan fundamental yang tidak terlalu baik.

  3. Diversifikasi menurunkan risiko Ada beberapa jenis perusahaan di pasar saham yang terhindar dari sentimen negatif berlebihan yang diakibatkan oleh krisis pandemi COVID-19, seperti perusahaan makanan dan minuman serta perusahaan obat-obatan. Diversifikasi aset yang baik tetaplah merupakan cara yang efektif untuk mengurangi risiko dan memperlancar kinerja portofolio saham anda ketika sentimen negatif telah mereda.

  4. Dana darurat sangatlah penting Tahun 2020 membuktikan bahwa keberadaan dana darurat sangatlah penting. Tidak hanya untuk melindungi anda dari volatilitas aset investasi, tapi juga untuk memastikan bahwa biaya hidup sehari-hari anda dapat tercukupi ketika situasi terburuk terjadi. Lihatlah begitu banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi COVID-19 yang berdampak signifikan terhadap dunia ekonomi. Dana darurat sangatlah penting sebagai “pengaman” agar anda tidak berada dalam posisi terdesak untuk menjual saham anda di harga yang buruk ketika market crash terjadi. Kami menganjurkan agar anda memiliki tabungan untuk mencukupi biaya hidup kurang lebih selama 6 bulan.

留言


bottom of page