top of page

3 Buku Pola Pikir Investasi Terbaik untuk Dibaca

Apapun tahap investasi anda sekarang, apakah masih belum berinvestasi, di tahap awal, ataupun berada di level yang telah matang, pemahaman akan pola pikir berinvestasi yang baik akan selalu bermanfaat. Ini dapat diperoleh dari pengalaman yang dibagikan oleh para investor papan atas.


Banyaklah membaca untuk memahami apa yang membuat mereka begitu sukses. Selain dapat membeli di toko buku, versi digitalnya juga dapat diperoleh di platform seperti Scribd, Amazon Prime, dan platform sejenisnya.


Berikut ini adalah 3 buku yang kami anggap merupakan bacaan yang hebat!



The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Benjamin Graham dikenal sebagai The Godfather of Investing dan gaya investasinya menekankan pada kedisiplinan, penelitian, dan analisa. Edisi pertama buku ini dirilis di tahun 1949 dan Benjamin Graham menuturkan pondasi dasar dalam berinvestasi agar dapat terus bertumbuh dalam jangka panjang. Pelajaran penting yang dapat anda pelajari dari buku ini ialah pastikan anda mengerti perusahaan tempat anda ingin berinvestasi, berinvestasilah dengan margin of safety, dan percayailah analisa anda. Warren Buffett menyebut edisi tahun 1949 The Intelligent Investor sebagai buku terbaik tentang investasi yang pernah ditulis.


The Little Book of Common Sense Investing oleh John Bogle

John Bogle adalah pendiri The Vanguard Group dan berandil besar dalam memulai index fund pertama.


Buku ini memberikan kerangka untuk membangun portofolio investasi berisiko rendah, menyarankan untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi, serta mengajak pembacanya untuk berinvestasi dengan pola pikir jangka panjang.



One Up on Wall Street oleh Peter Lynch



Peter Lynch adalah sosok fenomenal di dunia investasi. Sebagai manajer reksadana Magellan Fund di Fidelity Investments antara tahun 1977 dan 1990, ia mampu mencatatkan return reksadana tahunan sebesar 29,2% secara konsisten atau lebih dari dua kali lipat tingkat pengembalian indeks S&P 500 yang menjadikan Magellan Fund sebagai reksadana berkinerja terbaik di dunia.


Di buku ini, Peter Lynch mengatakan bahwa peluang investasi ada di mana-mana dan yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi perusahaan mana yang akan berhasil dan mana yang tidak. Ini dapat dilakukan dengan menganalisa laporan keuangan perusahaan dan ia memberitahu angka mana yang benar-benar penting di buku ini.

Comments


bottom of page