top of page

3 Faktor Penting dalam Menilai Manajemen

Sebagai pemilik saham minoritas sebuah perusahaan, investor tentunya berharap bahwa manajemen bertindak selaras dengan kepentingan investor. Menilai manajemen yang kompeten adalah salah satu analisis kualitatif yang tidak bisa dilakukan hanya dengan membaca laporan keuangan sebuah perusahaan.


Namun demikian, ada beberapa tolak ukur yang dapat digunakan oleh investor untuk menilai kualitas sebuah tim manajemen. Faktor-faktor ini juga Inkuisit sertakan di setiap Research Newsletter sebagai salah satu aspek analisa fundamental kami dalam menilai sebuah perusahaan.


Kompensasi

Manajemen yang baik menerima kompensasi yang wajar dan tidak berlebihan. Insentif kinerja untuk pembayaran bonus kepada manajemen dapat dibaca di laporan keuangan tahunan perusahaan dan idealnya selaras dengan kepentingan investor. Insentif yang kurang tepat dapat mendorong manajemen untuk mengambil keputusan yang beresiko.


Kepemilikan saham

Manajemen yang terdiri dari anggota dengan kepemilikan saham perusahaan yang signifikan akan bertindak dengan mindset sebagai pemilk bisnis. Mereka akan mengelola dan mengambil keputusan yang lebih baik dibandingkan dengan manajemen yang tidak memiliki saham perusahaan.


Karakter

Rekam jejak manajemen dalam bentuk keputusan yang telah diambil serta hubungan dengan pihak lain juga patut diperiksa. Banyaknya transaksi yang hanya didominasi oleh perusahaan tertentu merupakan lampu kuning bagi investor. Tim manajemen yang terlalu banyak diisi oleh anggota keluarga pemilik perusahaan juga perlu dicermati.


Sangatlah penting untuk membaca laporan tahunan perusahaan. Manajemen yang jujur akan memberitahu bila mereka mengambil keputusan yang kurang baik dan tantangan-tantangan yang dihadapi setelahnya. Manajemen yang berani mengambil keputusan yang berat tetapi tepat untuk kelangsungan perusahaan juga wajib diacungi jempol.



Selain faktor-faktor di atas, sempatkanlah diri anda untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Inilah kesempatan yang efektif untuk berinteraksi dengan manajemen, bertanya, dan mengenal lebih dalam bisnis perusahaan tersebut.


Setelah membaca artikel ini, Sahabat Inkuisit jangan lupa untuk memperhatikan aspek kualitas manajemen sebelum memutuskan berinvestasi di saham sebuah perusahaan ya. Analisa fundamental tidak hanya sekedar berinvestasi di perusahaan dengan rasio PE yang rendah!

Comments


bottom of page