top of page

72 Adalah Angka yang Spesial bagi Investor!

"The Rule of 72" adalah angka yang spesial bagi investor dan tidak hanya terbatas bagi investor saham saja. Dengan membagi 72 dengan tingkat pengembalian investasi (return), maka anda akan memperoleh estimasi jumlah tahun yang dibutuhkan hingga investasi awal anda berlipat ganda.


Sebagai contoh, jika anda memiliki uang Rp. 1 juta yang diinvestasikan dengan tingkat pengembalian 9%, maka dibutuhkan kurang lebih 72 / 9 = 8 tahun hingga investasi anda berlipat ganda menjadi Rp. 2 juta.


Sekali lagi, "The Rule of 72" hanya memberikan estimasi atau cara perhitungan yang disederhanakan. Jika menggunakan perhitungan matematika secara akurat, maka jumlah tahun yang dibutuhkan untuk contoh di atas adalah 8.04 tahun. Tabel di bawah ini memberikan penghitungan "The Rule of 72" untuk berbagai skenario tingkat pengembalian investasi.


Waktu untuk melipatgandakan investasi berdasarkan "The Rule of 72" dan perhitungan matematis

Bisa dilihat bahwa "The Rule of 72" menghasilkan estimasi waktu di bawah penghitungan matematis untuk tingkat pengembalian di bawah 8% dan menghasilkan estimasi di atas penghitungan matematis untuk tingkat pengembalian di atas 8%.


Walaupun "The Rule of 72" tidak memberikan estimasi yang sangat akurat, tetapi metode ini dapat digunakan untuk menyederhanakan perhitungan dan melakukannya dengan cepat. Sahabat Inkuisit, good luck dalam melipatgandakan investasi anda ya!

Kommentare


bottom of page