top of page

Anatomi Laporan Tahunan

Sahabat Inkuisit mungkin pernah melihat sebuah saham dengan rasio P/E 5x, namun belum pernah mendengar perusahaan tersebut sebelumnya dan ingin menganalisanya lebih dalam. Di mana anda harus mulai melakukan penelitian? Laporan Tahunan adalah tempat yang baik untuk memulai investigasi. Banyak informasi yang dapat diperoleh dengan membaca Laporan Tahunan. Mari kita bahas beberapa segmen di Laporan Tahunan yang perlu dibaca sebelum kita memutuskan berinvestasi!


  1. Profil perusahaan Di segmen ini anda dapat lebih memahami model bisnis dan sektor industri yang digeluti perusahaan. Segmen usaha serta sejarah perusahaan biasanya juga disertakan di bagian ini. Paling tidak anda harus bisa mengerti bagaimana bisnis perusahaan menghasilkan uang.

  2. Profil direksi dan dewan komisaris Sangat penting untuk memahami profil manajemen sebuah perusahaan. Kompetensi tim manajemen sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan yang dipimpinnya. Selain itu, jumlah saham yang dimiliki manajemen juga perlu diperhatikan. Dengan kepemilikan yang tinggi, manajemen akan berpikir dan mengambil keputusan seperti pemilik sebuah perusahaan. Dengan demikian, kepentingannya akan selaras dengan pemegang saham lainnya, termasuk pemegang saham minoritas.

  3. Analisa dan diskusi manajemen Di segmen ini, manajemen mengulas kinerja bisnis perusahaan. Manajemen yang terbuka akan menjelaskan tantangan-tantangan, hasil kerja dan terkadang kesalahan yang mereka buat. Di sini anda dapat menilai kompetensi dan keterbukaan manajemen dalam mengelola perusahaan.

  4. Analisa laporan keuangan Bagian ikhtisar keuangan dapat memberikan snapshot kinerja perusahaan dalam 5 tahun terakhir. Apakah tren penjualan selalu meningkat? Apakah perusahaan selalu mencatat keuntungan yang berkembang setiap tahunnya? Selanjutnya analisa berlanjut ke 3 laporan keuangan yang utama, yakni laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan laporan arus kas keuangan.


Laporan tahunan sebuah perusahaan dapat terdiri dari beratus-ratus halaman dan dapat membingungkan pembacanya yang masih belum terbiasa. Dengan tujuan yang jelas, membaca bagian-bagian terpenting di Laporan Tahunan dapat memberi anda informasi penting untuk mengawali penelitian dan mengenal perusahaan dengan waktu yang lebih singkat. Jangan lupa melanjutkan dengan analisa keuangannya ya… :)

Comentarios


bottom of page