top of page

Berapa Harga Sahamnya, Berapa Harga Bisnisnya?

Mungkin anda pernah mendengar seseorang berujar “Beli saham Bank BRI (IDX: BBRI) saja, bisnisnya lebih kecil dan harga sahamnya lebih murah daripada Bank Mandiri (IDX: BMRI). Potensi pertumbuhannya pasti lebih besar!”. Seandainya harga saham BBRI hari ini Rp. 3.000 dan harga saham BMRI Rp. 4.500, apakah nilai pasar (market value) BMRI 50% lebih besar daripada BBRI? Mari kita telusuri!


Pertama, periksa jumlah saham yang beredar. Selanjutnya, kalikan jumlah saham tersebut dengan harga sahamnya untuk memperoleh nilai kapitalisasi pasarnya.


Apakah arti nilai kapitalisasi pasar? Mudahnya, bayangkan jika anda ingin menjadi 100% pemilik Bank BRI dan membeli semua sahamnya. Rp. 367,8 Triliun adalah harga yang harus anda bayar. Nilai kapitalisasi pasar dapat digunakan untuk membandingkan nilai pasar perusahanaan-perusahaan di industri yang sama.


Sekarang sudah terlihat lebih jelas kan, justru BBRI yang mempunyai nilai pasar 50% lebih besar dari BMRI! Oleh karena itu, mulai sekarang jangan memfokuskan perhatian kita hanya pada harga saham perusahaan yang kita minati, melainkan mari perhatikan nilai kapitalisasi pasarnya juga!



コメント


bottom of page