top of page

Investasi Warren Buffett yang Naik 4x Lipat

Jika sahabat Inkuisit mengikuti perkembangan portofolio investasi Warren Buffett, anda tentu tahu bahwa total nilai saham Apple di portofolio investasinya saat ini adalah yang terbesar dibandingkan dengan saham-saham perusahaan lainnya. Ya, saham Apple mulai dibeli Warren Buffett sejak pertengahan tahun 2016 dan total investasi yang awalnya berjumlah USD 35 miliar saat ini telah menjadi bernilai USD 130 miliar! Mari kita amati investasi ini dengan lebih detail dan memetik pelajaran yang penting dari ini.


Apple memproduksi dan menjual ponsel iPhone, komputer Mac, tablet iPad, serta berbagai perangkat keras dan perangkat lunak lainnya. Produknya populer dan banyak digunakan oleh pelanggan setianya. Ini terbukti dengan 2.2 miliar unit iPhone yang telah terjual di dunia sejak 12 tahun lalu! Tabel berikut memperlihatkan pencapaian keuangan Apple sejak 2013 hingga 2020.



Terlihat penjualan dan laba bersih meningkat dengan stabil. Arus kas bebas perusahaan juga selalu lebih tinggi dari laba bersih yang dilaporkan. Dengan kata lain, Apple selalu banjir uang tunai! Di pertengahan tahun 2016, kapitalisasi perusahaan berada di sekitar USD 400 miliar. Ini artinya Warren Buffett membeli Apple dengan rasio P/E di level 8x saja!


Bagi perusahaan dengan kualitas bisnis yang tinggi, brand yang kuat, dan penjualan yang masih terus bertumbuh seperti Apple, nilai pasar perusahaan teknologi seharusnya bisa diperdagangkan dengan rasio P/E 15x-25x dengan mudah. Per hari ini, nilai kapitalisasi pasar Apple berada di kisaran USD 2,2 triliun dengan rasio P/E 36x.


Ada beberapa pelajaran yang bisa kita petik di sini. Membeli perusahaan yang berkualitas dengan manajemen yang kompeten dan dengan harga yang miring merupakan resep yang ideal dalam berinvestasi. Semua perusahaan terbuka yang memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek wajib menyediakan laporan keuangannya. Laporan keuangan dapat diakses semua orang dengan mudah dan merupakan sumber informasi yang sangat berharga dalam menganalisa sebuah perusahaan. Jadi, apakah anda sudah siap berinvestasi layaknya Warren Buffett ketika membeli saham Apple di tahun 2016?


コメント


bottom of page