top of page

Waktu yang Tepat untuk Membeli Saham Sido Muncul?

Bila anda belum membaca, Research Newsletter Inkuisit di bulan Juli 2020 meneliti PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (IDX: SIDO). Ya, emiten produsen Tolak Angin dan Kuku Bima Energi ini telah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2013.


Inkuisit menganalisa berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika investor menganalisa sebuah saham. Model bisnis perusahaan, keunggulan dalam persaingan usaha, potensi pertumbuhan, resiko, manajemen dan interpretasi laporan keuangan Sido Muncul telah dibahas. Pertanyaan emasnya adalah kapan saat yang tepat untuk membeli saham berkualitas tinggi ini?


Kita dapat bersusah payah bersabar dan mencari saham bisnis berkualitas tinggi, tetapi jika membelinya jauh di atas nilai intrinsiknya maka anda tetap bisa rugi! Harga saham dalam jangka waktu panjang akan bergerak di level sekitar nilai intrinsiknya.


Konsep marjin keamanan (margin of safety) dipopulerkan oleh Benjamin Graham dalam buku legendarisnya "The Intelligent Investor". Marjin keamanan adalah selisih antara nilai intrinsik sebuah perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasarnya dan seringkali ditampilkan dalam bentuk persentase.



Sebagai contoh, katakanlah sebuah perusahaan memiliki nilai intrinsik Rp. 10 T dan nilai kapitalisasi pasarnya saat ini adalah Rp. 6 T, maka marjin keamanannya adalah 40%. Semakin besar marjin keamanannya maka semakin rendah pula risiko investasinya. Sebagai pedoman, keputusan untuk membeli saham sebuah perusahaan sebaiknya dilakukan jika investor meyakini terdapat marjin keamanan setidaknya 35%.


Anda harus bersabar, berdisiplin dan memutuskan untuk tidak berinvestasi jika menemukan investasi potensial namun dengan marjin keamanan yang tidak cukup. Kembali ke Sido Muncul, Inkuisit telah menyajikan opini estimasi nilai intrinsik kami atas perusahaan ini. Sekarang tugas Sahabat Inkuisit untuk menganalisa dan mengambil keputusan di harga yang tepat!


Comments


bottom of page