top of page

Membeli Saham tanpa Menambah Uang ke Rekening

Ketika Sahabat Inkuisit telah menemukan strategi berinvestasi saham yang cocok, tantangan berikutnya yang mungkin akan dihadapi adalah bagaimana menyediakan uang tunai untuk diinvestasikan. Investor retail umumnya menggunakan sebagian dari gaji atau tabungan mereka untuk tujuan ini, namun ada kalanya mereka menghadapi kewajiban keuangan lainnya, seperti peningkatan biaya kebutuhan hidup.


Namun, jangan biarkan kekurangan uang tunai menghentikan peningkatan portofolio investasi saham anda. Yang anda butuhkan adalah strategi untuk menghasilkan modal investasi. Berikut adalah cara-cara yang dapat dipertimbangkan:


  1. Menggunakan Dana Segar dari Dividen Sumber pertama dan termudah adalah jika anda memiliki saham yang memberikan dividen. Anda akan menemukan bahwa saldo kas anda akan meningkat dari waktu ke waktu walaupun anda tidak menambahkan uang tunai baru ke rekening anda.

  2. Ada Saham yang Dapat Dijual? Sumber kedua adalah saham perusahaan yang telah anda miliki namun anda tidak lagi memiliki keyakinan akan kesuksesan usahanya. Penjualan saham perusahaan ini dapat dipertimbangkan, terutama jika anda mengetahui dengan jelas apa yang anda akan lakukan dengan hasil penjualannya.

  3. Mengurangi Saham yang Terbukti Berhasil Sumber ketiga adalah saham “pemenang” yang telah anda memiliki. Anda dapat mempertimbangkan untuk Mengurangi saham yang telah menghasilkan keuntungan. Namun, lakukanlah langkah ini hanya jika anda yakin bahwa saham baru yang akan anda beli dapat mengungguli saham pemenang yang telah anda miliki.


Bila anda menikmati artikel kami dan ingin memperoleh Research Newsletter bulanan yang mengulas saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, jangan lupa subscribe gratis!

Comments


bottom of page