top of page

Mencari Perusahaan Layak Investasi

Seiring bertambahnya pengalaman dalam berinvestasi dan keahlian dalam melakukan analisa fundamental, setiap investor lambat laun akan menemukan kriteria ideal sebuah perusahaan layak investasi. Tentunya ini berarti setiap investor kemungkinan besar akan memiliki jumlah dan definisi kriteria yang berbeda-beda antara investor yang satu dengan yang lainnya.


Bila Sahabat Inkuisit membuka artikel ini dengan harapan untuk menambah wawasan atau bahkan masih dalam tahap awal untuk memulai mencari kriteria ideal tersebut, Inkuisit tentunya dengan senang hati membagikan kriteria-kriteria yang menurut kami sangat penting untuk menentukan apakah sebuah perusahaan dapat dikategorikan layak investasi atau tidak.


Bagi yang belum pernah membaca Research Newsletter kami (tersedia di https://www.inkuisit.com/newsletter), kriteria-kriteria ini selalu kami sertakan dalam menganalisa perusahaan-perusahaan yang kami ulas.


Kemampuan untuk mencari perusahaan layak investasi adalah skill yang berharga untuk dipelajari dan dikembangkan oleh setiap investor dan untungnya ini mungkin lebih mudah daripada yang anda persepsikan.


Seperti yang kami utarakan dalam artikel Jadilah Investor, Bukan Trader (tersedia di https://www.inkuisit.com/post/jadilah-investor-bukan-trader), inti dalam perjalanan berinvestasi anda membiarkan saham unggulan menjadi kendaraan untuk meningkatkan kesejahteraan anda. Untuk meraihnya, langkah pertama tentunya adalah menemukan perusahaan dengan bisnis yang hebat. Sebagai investor jangka panjang, anda membeli saham untuk memperoleh sebagian kepemilikan atas sebuah perusahaan. Anda ingin perusahaan itu sukses secara finansial dan berkembang dalam jangka panjang.


Berikut adalah kriteria-kriteria yang Inkuist perhatikan dalam mencari perusahaan layak investasi:

  1. Business model – Apakah perusahaan memiliki model bisnis berkualitas, unik, dan dapat terus berkembang?

  2. Competitors and barrier of entry – Apakah jumlah kompetitor terbatas dan tidak mudah bagi pemain baru untuk masuk ke bidang industri yang digeluti?

  3. Pricing power – Apakah perusahaan mampu menaikkan harga penjualan produknya tanpa mempengaruhi kinerja penjualan secara negatif?

  4. Potential growth – Apakah terdapat banyak faktor positif yang dapat mendorong pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan di masa depan?

  5. Potential risk – Apakah terdapat hanya sedikit faktor negatif yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan di masa depan?

  6. Track record and tenure of management – Apakah manajemen diisi oleh figur yang hebat? “Hebat” bukan berarti mereka memiliki gelar MBA atau Profesor, tapi yang lebih penting adalah mereka telah terbukti mampu membawa perusahaan meraih pencapaian yang baik serta telah lama menjadi bagian dari perusahaan.

  7. Owner-led management – Manajemen yang diisi oleh pemilik perusahaan tentunya memiliki motivasi lebih untuk terus memenangkan kompetisi.

  8. Remuneration of the management – Apakah remunerasi manajemen merefleksikan jumlah yang layak dan tidak berlebihan?

  9. Kinerja keuangan yang baik dalam 5 tahun terakhir yang meliputi metrik seperti penghasilan, marjin laba operasi, return on equity, dan rasio lancar.

Satu kriteria yang tidak ada di daftar di atas adalah ketakutan akan naik-turunnya (volatilitas) pasar saham. Bahkan ketika kondisi pasar sedang buruk, bisnis yang hebat akan menemukan cara untuk bertahan dan bahkan untuk menemukan peluang baru. Oleh karenanya, jangan gunakan volatilitas pasar saham sebagai alasan untuk melepaskan kepemilikan anda atas perusahaan yang hebat yang memiliki kriteria layak investasi.

Comments


bottom of page