top of page

Metrik Analisa Fundamental (Bagian I)

Bila Sahabat Inkuisit telah membaca artikel Konsep Analisa Fundamental dan setuju untuk menggunakannya, lantas metrik atau ukuran apa yang dapat digunakan untuk menganalisa intrinsic value (nilai intrinsik) suatu perusahaan?

Cukup banyak metrik yang dapat digunakan dalam analisa fundamental dan secara umum terbagi menjadi 2 kategori, yakni kategori kualitatif dan kuantitatif. Berikut adalah contoh metrik yang termasuk dalam kategori kualitatif:

  1. Business model – Apakah perusahaan ini memiliki model bisnis berkualitas, unik, dan yang memungkinkan bisnis dapat dijalankan untuk jangka panjang dan menghasilkan kinerja keuangan yang baik?

  2. Competitors and barrier of entry – Apakah jumlah kompetitor terbatas dan tidak mudah bagi pemain baru untuk masuk ke bidang industri yang digeluti perusahaan ini?

  3. Pricing power – Apakah perusahaan mampu menaikkan harga penjualan produknya tanpa mempengaruhi kinerja penjualan secara negatif?

  4. Potential growth – Apakah terdapat banyak faktor positif yang berpotensi mempengaruhi pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan di masa depan?

  5. Potential risk – Apakah faktor negatif yang berpotensi mempengaruhi pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan di masa depan relatif terbatas?

  6. Track record and tenure of management – Apakah manajemen diisi oleh figur yang telah terbukti mampu membawa perusahaan meraih pencapaian yang baik serta telah menjadi bagian dari perusahaan untuk waktu yang lama?

  7. Owner-led management – Apakah manajemen diisi oleh pemilik perusahaan?

Tidak ada metrik tunggal yang mampu memberikan gambaran apakah suatu perusahaan berstatus “layak investasi” atau tidak dari segi kualitatif. Investor perlu mencari informasi sebanyak mungkin apakah perusahaan tersebut memiliki kualitas yang baik dengan membaca laporan keuangannya maupun melalui media berita lainnya. 7 metrik di atas dapat dipertimbangkan oleh Sahabat Inkuisit.

Comments


bottom of page