top of page

Perjalanan Investasi dengan Cita Rasa Anda Sendiri

Jika gejolak pasar saham belakangan ini membuat anda gelisah, anda tidak sendirian. Berinvestasi di pasar saham memberikan tantangan tersendiri. Bagi anda yang baru memulai, langkah awal selalu adalah langkah yang tersulit.


Namun, berinvestasi adalah langkah yang tepat untuk mencapai kemerdekaan finansial (financial independence). Berikut adalah tips dari kami agar anda dapat memperoleh perjalanan investasi yang dapat anda nikmati!

  1. Berinvestasi dengan cara anda Aturlah ritme berinvestasi sehingga membuat anda merasa nyaman. Tidak perlu terburu-buru, apalagi jika masih belajar di tahap awal. Begitu juga dengan industri yang anda dalami. Ada investor yang menyukai industri teknologi, namun ada juga yang mendalami perbankan, pertambangan, dan lainnya. Apapun itu, pastikan anda memahami industri tersebut.

  2. Sesuaikan dengan profil resiko Jika anda masih takut bahwa saham yang anda pilih tidak akan menunjukkan kinerja yang baik, alternatifnya adalah dengan berinvestasi di ETF (Exchange-Traded Fund), yakni sebuah instrumen investasi yang dikelola oleh fund manager dan diperjualbelikan di bursa efek. Produk ETF berisikan saham sekumpulan perusahaan, sehingga tingkat diversifikasinya cukup baik. Jika profil resiko anda cukup tinggi dan anda telah melengkapi diri anda dengan pengetahuan berinvestasi yang baik, maka anda dapat berinvestasi di saham perusahaan individu, namun jangan lupa untuk menerapkan diversifikasi portofolio yang baik.

  3. Jangan takut dan teruslah belajar Investasi tidak harus memberikan rasa takut pada diri anda. Memiliki strategi dan target yang jelas dapat membuat anda merasa jauh lebih baik dalam mengarungi perjalanan investasi anda menuju kemerdekaan finansial yang anda inginkan.


Bila anda menikmati artikel kami dan ingin memperoleh Research Newsletter bulanan yang mengulas saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, jangan lupa subscribe gratis!

Comments


bottom of page