top of page

Rahasia Cuan 20 Kali Lipat!

Pernahkah Sahabat Inkuisit berpikir apa yang biasa dilakukan ketika mendapatkan keuntungan saat berinvestasi? Apakah diambil keuntungannya saja atau justru menginvestasikan kembali keseluruhan modal dan keuntungannya untuk dilipatgandakan?


Kedua opsi ini mungkin terlihat tidak terlalu berbeda, namun perbedaannya ternyata seperti langit dan bumi dalam jangka panjang! Mari kita pelajari 2 skenario di bawah ini.


Investor A

Investor A menanam Rp. 1 Juta dan berhasil meraup bunga 10% setiap tahunnya. Di setiap akhir tahun, ia menarik keuntungannya dan hanya menginvestasikan kembali modal awalnya.


Total modal dan keuntungan yang diperoleh Investor A setelah berinvestasi selama 10 tahun adalah Rp. 2 Juta. Tidak terlalu buruk!


Investor B

Sekarang mari kita bandingkan dengan Investor B yang mengambil keputusan sedikit berbeda dengan menginvestasikan kembali keseluruhan modal dan keuntungan yang diperolehnya setiap akhir tahun.


Bisa dilihat di tabel di atas bahwa total modal dan keuntungan yang diperoleh Investor B setelah berinvestasi selama 10 tahun adalah Rp. 2,6 Juta. Jumlah ini lebih tinggi hampir 30% dari investor A, padahal baik Investor A maupun Investor B memperoleh bunga yang sama sebesar 10% setiap tahunnya.


Inilah yang disebut dengan efek compound return / compound interest, yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan pengembalian majemuk atau bunga majemuk. Albert Einstein pernah berkata “Compound interest is the eighth wonder of the world. He who understands it, earns it … he who doesn’t … pays it.” ["Bunga majemuk adalah keajaiban dunia kedelapan. Dia yang memahaminya, maka akan mendapatkannya… dia yang tidak, maka akan membayarnya"].


Dampak dari pengembalian majemuk akan terlihat jauh lebih signifikan seiring dengan semakin panjangnya masa investasi. Dengan skenario Investor A dan Investor B di atas namun dengan masa investasi 50 tahun, maka modal dan keuntungan yang diperoleh Investor B setelah berinvestasi selama 50 tahun akan mencapai 20x jumlah yang diperoleh Investor A seperti terlihat di tabel di bawah ini.

Sekarang Sahabat Inkuisit sudah tahu keputusan 'kecil' apa yang harus diambil dalam berinvestasi kan?


Commentaires


bottom of page