top of page

Resolusi Finansial Terpenting 2021

Jika Sahabat Inkuisit masih bingung menetapkan sebuah resolusi tahun baru untuk tahun 2021, pastikan inilah resolusi anda!


Menjelang tahun baru selalu terasa sebagai waktu yang tepat untuk membuat resolusi untuk mengubah masa depan kita menjadi lebih baik dan menyenangkan. Tidaklah mengherankan tentunya bila sebagian dari masyarakat menetapkan pencapaian finansial sebagai resolusi tahun baru karena seringkali masalah finansial menjadi sumber kecemasan di masa depan.


Bila anda masih belum menemukan resolusi tahun baru untuk tahun 2021, putuskan untuk mulai membuat uang anda bekerja lebih keras untuk anda. Mengapa demikian? Seringkali kita tidak sadar bahwa kita memperoleh pemasukan dan menghabiskannya untuk kebutuhan hidup. Siklus ini terus berulang hingga mustahil untuk menabung dan berinvestasi.


Jika anda belum menyisihkan sebagian (kalau bisa sebagian besar!) dari pemasukan anda dengan cara yang paling efektif untuk membangun kekayaan, pastikan anda melakukannya di tahun 2021.


Bagaimana anda dapat membuat uang bekerja untuk anda?


  1. Utamakan kebutuhan dasar, kebutuhan bersenang-senang dapat menunggu Sebagai manusia, tentu saja anda memiliki kebutuhan hidup yang membutuhkan biaya. Namun, pastikan bahwa anda tidak menghabiskan dan menyia-nyiakan pendapatan anda. Kuncinya di sini adalah memastikan bahwa uang yang anda keluarkan untuk kebutuhan hidup benar-benar memberikan manfaat bagi hidup anda. Penuhi kebutuhan hidup dasar anda, sedangkan kebutuhan bersenang-senang dapat menunggu ketika nanti anda sudah mencapai financial freedom.

  2. Pastikan ketersediaan dana darurat Inkuisit menganjurkan agar anda memiliki tabungan untuk mencukupi biaya hidup kurang lebih selama 6 bulan. Inilah dana darurat anda! Situasi setiap orang berbeda-beda, dana darurat untuk biaya hidup selama 3 bulan mungkin cukup jika anda memiliki pekerjaan yang stabil, sebaliknya dana darurat untuk biaya hidup selama 12 bulan mungkin diperlukan jika anda meiliki banyak tanggungan. Apa yang dapat dilakukan dengan sisa pendapatan anda setelah sebagian digunakan untuk kebutuhan hidup dasar dan dana darurat? Nah percayalah, inilah bagian yang paling menarik!

  3. Berilah uang anda sebuah pekerjaan Alokasikan sebagian uang anda untuk diinvestasikan dalam aset yang menghasilkan pendapatan. Bagi kami di Inkuisit, ini berarti menginvestasikan sebagian uang anda ke pasar saham. Berikanlah uang anda sebuah pekerjaan dengan cara menginvestasikannya ke saham perusahaan-perusahaan yang hebat, di mana nilai saham yang anda beli dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu karena perusahaan tersebut memiliki visi dan rekam jejak untuk terus menjadi perusahaan yang berkinerja positif. Kriteria Inkuisit untuk perusahaan-perusahaan yang layak investasi dapat dibaca di Mencari Perusahaan Layak Investasi Lakukanlah proses ini setahap demi setahap hingga anda mampu membangun portofolio saham yang berisi perusahaan-perusahaan hebat yang nyaman anda pegang untuk jangka panjang. Ingat, jangan bernafsu untuk menjadi kaya dengan cepat dan tergesa-gesa, sebaliknya kuatkanlah mental, selalu rendah hati, dan senantiasa mengembangkan kemampuan dalam perjalanan investasi anda. Hasil dalam perjalanan investasi anda tidak akan mengkhianati proses dan kerja keras anda!


Nah, jika anda menginginkan agar uang anda dapat memberikan kemerdakaan finansial (financial freedom) suatu saat nanti, maka menjalankan resolusi finansial ini adalah langkah pertama untuk membawa anda ke sana. Percayalah, ini akan membuat perbedaan besar dalam hidup anda!

Opmerkingen


bottom of page